Pilihan Persalinan




Memilih persalinan yang ibu inginkan
Kalau kehamilan Ibu tidak bermasalah, tentu dokter akan membebaskan  Ibu memilih persalinan yang paling nyaman untuk Ibu.
Diskusikan hal ini dengan suami dan dokter. Kalau pun Ibu mau merubah pilihan, ketika saat persalinan tiba, dokter juga akan membantu yang terbaik untuk Ibu.

Melahirkan di Rumah Sakit Bersalin
Jika memilih melahirkan di rumah sakit, Ibu akan dibantu oleh para ahli dengan fasilitas lengkap. Ibu  bisa memilih pereda sakit yang akan digunakan, dan mendapat fasilitas operasi caesar yang cepat selain itu, dalam keadaan darurat Ibu akan bisa ditangani dengan cepat.
Cari informasi tentang fasilitas rumah sakit sesuai pilihan persalinan yang akan Ibu jalani. Tulis pilihan persalinan yang ibu inginkan di rencana persalinan. Pihak rumah sakit tentu akan berusaha memberikan yang terbaik untuk kenyamanan pasien.
Jangan lupa, libatkan suami dalam apapun keputusan Ibu.

Persalinan alami
Persalinan alami adalah cara paling aman dan mudah untuk Ibu dan bayi Ibu. Ketika mendekati saatnya melahirkan, dokter akan memeriksa posisi bayi agar proses melahirkan berjalan aman.
Proses ini memang menimbulkan rasa sakit. Tapi sekarang kan banyak pilihan pereda sakit yang bisa Ibu diskusikan dengan dokter.

Operasi Caesar
Persalinan dengan operasi caesar atau dikenal juga dengan sebutan section caesarian akan menjadi pilihan dokter bila persalinan normal beresiko untuk Ibu dan bayi. Misalnya plasenta atau ari-ari menutup jalan lahir (plasenta previa) atau ibu mengidap pre-eklampsia / tekanan darah tinggi.
Masa pemulihan kesehatan Ibu setelah operasi caesar juga lebih lama dari persalinan alami.

Melahirkan Dalam Air
Melahirkan dalam air atau waterbirth kini banyak dipilih calon Ibu. Persalinan ini dianggap tidak menimbulkan stress atau trauma pada bayi karena mereka lahir di lingkungan yang serupa dengan suasana dalam rahim Ibu.
Bagi Ibu, persalinan ini juga mengurangi stress dan tidak terlalu membutuhkan pereda sakit. Jangan takut soal pernafasan bayi . Karena bayi belum mulai bernafas  hingga mereka berada di udara terbuka.
Beberapa rumah sakit menyediakan bath-up, shower atau kolam jika Ibu memilih melahirkan dalam air. Tapi cermati dulu apa saja yang ditawarkan oleh rumah sakit .



Artikel Terkait