Mouthwash Bantu Turunkan Risiko Lahir Prematur





Jangan abaikan kebersihan mulut dan gigi saat mengandung, karena kelahiran bayi yang sehat bisa terbantu karenanya.

Bila Anda berpikir kesehatan mulut dan gigi tak ada hubungannya dengan kehamilan, sebaiknya Anda mulai memerhatikan masalah ini. Dalam artikel terdahulu pemakaian benang gigi akan membantu wanita untuk lebih cepat mendapat kehamilan. Kali ini, obat kumur atau mouthwash bisa menjadi salah satu media yang tidak hanya menjaga kebersihan mulut Anda, tetapi juga menjaga agar bayi yang Anda kandung tidak lahir dini.

Seperti dilansir Parentdish, Reuters melaporkan bahwa wanita hamil yang mengalami masalah pada kesehatan mulut, terutama gusi memiliki risiko untuk melahirkan bayi prematur dibandingkan ibu yang memiliki gusi yang sehat. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ibu hamil yang mengalami masalah penyakit gusi memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memberikan kesempatan pada bayi yang dikandung untuk lebih lama menikmati hangatnya kehidupan dalam kandungan, dengan menggunakan mouthwash.

Banyak mouthwash yang dipasarkan, tetapi tidak semua mouthwash bisa digunakan untuk ibu hamil. Dalam penelitian ditemukan bahwa wanita yang menggunakan mouthwash bebas alkohol akan membuat risiko melahirkan prematur turun sebanyak 75 persen. Dengan hasil ini, tentu Anda bisa mempertimbangkan untuk tidak hanya mengunjungi ahli kandungan, tetapi juga para dokter gigi bila timbul masalah kesehatan gigi dan gusi selama masa kehamilan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology ini tidak menarik kesimpulan tertentu, tetapi Dr. Marjorie Jeffcoat ketua peneliti dan profesor dari University of Pennsylvania School of Dental Medicine mengatakan bahwa perawatan gigi pada ibu hamil sangatlah penting. "Mereka perlu menggunakan sikat gigi yang lembut dan menggunakan benang gigi yang benar," ujarnya pada Reuters, "Tujuannya adalah hampir sama seperti semua penyakit gusi, pencegahan, pencegahan dan pencegahan,"

Ya, pencegahan selalu lebih baik. Mulai sekarang, selalu perhatikan kesehatan gigi dan gusi Anda. Jangan abaikan bila terjadi perubahan warna gusi atau rasa sakit yang tiba-tiba muncul. Bila Anda ingin menggunakan mouthwash dan produk kebersihan gigi yang aman selama masa kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter gigi Anda.


Artikel Terkait